//
you're reading...
Pembelajaran, Sumber Belajar, Teknologi Pendidikan

Sumber Belajar Sebagai Komponen Sistem Pembelajaran

a. Pengertian

“Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.

Pembelajaran sebagaimana yang dimaksud dalam UU No. 20 Th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diatas, mengisyaratkan tiga komponen penting dalam pembelajaran, yaitu peserta didik, pendidik dan sumber belajar.

Pembelajaran sebagai suatu proses merupakan suatu sistem yang tidak terlepas dari komponen-komponen yang saling berinteraksi di dalamnya. Salah satu komponen dalam proses tersebut adalah sumber belajar

Sumber belajar merupakan daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar-mengajar, baik secara langsusng maupun secara tidak langsung. Pengertian yang lebih luas tentang sumber belajar diberikan oleh Edgar Dale dalam Sudjana dan Rivai (2003:76) yang menyatakan bahwa pengalaman itu adalah sumber belajar.mengemukakan tentang Kerucut Pengalaman (Cone of Experience)  sebagaimana tampak dalam gambar 1 berikut :

Lebih lanjut Sudjana dan Rivai (2003:77) menyebutkan bahwa sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya. Dalam pembagian sumber belajar itu, terdiri dari dua macam, yaitu (1) sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) yaitu sumber belajar yang dirancang atau sengaja dibuat atau dipergunakan untuk membantu belajar-mengajar, dan (2) sumber belajar yang dimanfaatkan (learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajar berupa segala macam sumber belajar yang ada di sekeliling kita.

Sumber belajar dalam pengertian luas dikemukaan oleh Torkleson dalam AECT (1994:87) mengemukakan bahwa sumber-sumber itu mempunyai pengertian luas, melebihi bidang audiovisual tradisional dan menjangkau pengembangan bidang teknologi pendidikan masa sekarang dan yang akan datang.

 

Klasifikasi sumber belajar

Donald P Ely dalam Sudjana dan Rivai (2003:78) mengemukakan klasifiksi sumber belajar sebagai berikut: (1) man, sebagai pihak yang menyalurkan atau mentransmisikan pesan, (2) materials, dan devices sebagai bahan (software) dan perlengkapan (hardware), (3) methods sebagai cara atau metode yang dipakai dalam menyajikan informasi, dan (4) setting sebagai lingkungan tempat interaksi belajar mengajar terjadi.

Lebih lanjut Howard Levie dalam Sudjana dan Rivai (2003:80) menyebutkan klasifikasi sumber belajar sebagi berikut :

1)      sign vehicle charakteristics berupa

  • Lambang digital, yaitu kata-kata dan angka
  • Lambang iconic, yaitu gambar, diagram, bagan, dan kartun

2)      realism cue characteristics

  • Jumlah rincian gambar
  • Warna
  • Gerakan
  • Dimensi
  • Efek pendengaran

3)      sensory channel characteristics

  • Pengamatan
  • Pendengaran
  • Perabaan
  • Penyajian melalui berbagai saluran

4)      locus of control characteristics

  • Sumber
  • Kekakuan atau keluwesan dalam waktu
  • Kekakuan atau keluwesan dalam urutan-urutan

5)      respons acceptance characteristics

  • Menuntut jawaban
  • Adanya umpan balik
  • Adaptasi

 

Komponen dan faktor sumber belajar

Komponen sumber belajar adalah bagian-bagian yang selalu ada di dalam sumber belajar itu, dan bagian-bagian itu merupakan satu kesatuan yang sulit berdiri sendiri sekalipun mungkin dapat digunakan secara terpisah. Sudjana dan Rivai (2003:82) mengemukakan komponen-komponen dan faktor-faktor yang berpengaruh kepada sumber belajar sebagai berikut:

1)      Komponen-komponen sumber belajar

  • Tujuan, misi, atau fungsi sumber belajar.
  • Bentuk, format, atau keadaan fisik sumber belajar
  • Pesan yang dibawa oleh sumber belajar
  • Tingkat kesuitan atau kompleksitas pemakaian sumber belajar.

2)      Faktor-faktor yang berpengaruh kepada sumber belajar

  • Perkembangan teknologi
  • Nilai-nilai budaya setempat
  • Keadaan ekonomi pada umumnya
  • Keadaan pemakai

 

Memilih sumber belajar

Sudjana dan Rivai (2003:84) merumuskan beberapa kriteria dalam pemilihan sumber belajar. Kedua kriteria pemilihan sumber belajar terebut berlaku baik untuk sumber belajar yang dirancang maupun bagi sumber belajar yang dimanfaatkan.

1)      Kriteria umum

  • Ekonomis
  • Praktis dan sederhana
  • Mudah diperoleh
  • Bersifat fleksibel
  • Komponen-komponennya sesuai dengan tujuan

2)      Kriteria berdasarkan tujuan

  • Sumber belajar guna memotivasi
  • Sumber belajar untuk tujuan pengajaran
  • Sumber belajar untuk penelitian
  • Sumber belajar untuk memecahkan masalah
  • Sumber belajar untuk presentasi

 

Memanfaatkan sumber belajar

Ada beberapa persyaratan dalam memanfaatkan berbagaisumber belajar. Sudjana dan Rivai (2003:87) mengemukakan persyaratan sebagai berikut :

  1. Tujuan instruksional hendaknya dijadikan pedoman dalam memilih sumber belajar yang sahih
  2. Pokok-pokok bahasan yang menjelaskan analisis isi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Hal itu perlu dilakukan sebagai dasar pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar agar materi yang disajikan melalui sumber-sumber belajar dapat memperjelas dan memperkaya isi bahan
  3. Pemilihan strategi, metode pengajaran yang sesuai dengan sumber belajar.
  4. Sumber-sumber belajar yang dirancang berupa media instruksional dan bahan tertulis yang tidak dirancang
  5. Pengaturan waktu sesuai dengan luas pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa. Waktu yang diperlukan untuk menguasai materi tersebut akan mempengaruhi sumber belajar yang dipergunakan
  6. Evaluasi, yakni bentuk evaluasi yang akan digunakan.
About these ads

Tentang forumsejawat

http://id-id.facebook.com/baitur.r.isman

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: