//
you're reading...
Pendidikan

PENDIDIKAN (bagian 1)

Pendidikan dapat diartikan sebagai keseluruhan pengalaman belajar setiap orang sepanjang hidupnya. Sepanjang batas usia seseorang, pendidikan mencakup usia balita, usia anak, remaja, dewasa, dan seumur hidupnya.

Adapun pendidikan (education) berasal dari kata Yunani “educare” yang berarti membawa keluar yang tersimpan, untuk dituntut agar tumbuh dan berkembang.

Dalam tatanan bahasa arab dikenal dengan istilah “tarbiyah”, berasal dari kata raba-yarbu yang berarti mengembang, tumbuh. Sehingga dikalangan pendidik muncul sebuah ungkapan:

“Seperti satu benih yang menumbuhkan tunas dan lembaganya, makin mengeras dan kokoh batangnya hingga mengagumkan bagi banyak petani”.

Berdasarkan kedua uraian diatas, dapat diambil beberapa kata kunci yaitu: tumbuh dan berkembang.

Sehingga pendidikan pada hakikatnya adalah upaya menumbuh-kembangkan potensi insani peserta didik. Potensi yang merupakan fitrah bagi hamba-Nya itu, diarahkan pada suatu pandangan dan keyakinan serta kepentingan bagi suatu keluarga, masyarakat, bangsa maupun dunia.

Secara global pendidikan dirumuskan The International Standard Classification of Education UNESCO (1975) sebagai berikut:

“Education as organized and sustained communication designed to bring about learning”

Memasuki abad 21, UNESCO (1998) mencanangkan empat pilar pendidikan yaitu: learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.

Muara dari pilar tersebut adalah belajar untuk dapat hidup bersama (learning to live together), apapun latar belakang sosial, budaya, maupun keyakinan dari setiap bangsa, namun kita tetap bersama di bumi yang dihamparkan untuk kita. Sehingga diperlukan suatu visi dan misi bersama agar keberagaman itu harmonis hendaknya.

Pendidikan bagi rakyat Indonesia mengarahkan kita pada hakikat Pembangunan Nasional, hal ini terlihat pada gambar berikut:

Sehingga memimpikan Indonesia masa depan, adalah bagaimana kita melaksanakan Pendidikan di segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, untuk masa depan.

Melalui UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan diartikan sebagai berikut:

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara”.

Pengertian tersebut mengacu pada Visi :

“Terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua Warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah”

Dan Visi tersebut dirumuskan kedalam Misi sebagai berikut:

  • Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar.
  • Meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral
  • Meningkatkan keprofesionalan dan akuntbilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global; dan
  • Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks NKRI.

About forumsejawat

http://id-id.facebook.com/baitur.r.isman

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: