//
you're reading...
Manajemen Pendidikan

MANAJEMEN PENDIDIKAN (bagian 1)

A. Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari kata “Manus” yang berarti “Tangan”, berarti menangani sesuatu, mengatur, membuat sesuatu menjadi seperti yang diinginkan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada.

Manajemen menurut para ahli:

1. Oei Liong Lee

Adalah ilmu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, serta mengevaluasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan bersama

2. Stoner dan Freeman, 1992

Suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengawasi pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi yang dinyatakan dengan jelas.

 

B. Pengertian Pendidikan

Pada pembahasan terdahulu tentang pendidikan telah diuraikan pengertian pendidikan itu sendiri.

Pada pembahasan kali ini, berikut tambahan pengertian pendidikan menurut para ahli:

1. Kleis (1974) dalam Sudjana

Sejumlah pengalaman yang dengan pengalaman itu, seseorang atau sekelompok orang dapat memahami sesuatu yang sebelumnya tidak mereka pahami. Pengalaman terjadi karena adanya interaksi antara seseorang atau kelompok dengan lingkungannya. Interaksi itu menimbulkan proses perubahan (belajar) pada manusia, dan selanjutnya proses perubahan itu menghasilkan perkembangan (development) bagi seseorang atau kelompok di dalam lingkungannya.

2.Driyarkara

Pendidikan adalah hidup bersama dalam satuan tri tunggal ayah ibu anak, dimana terjadi pelaksanaan nilai dengan mana dia berproses untuk akhirnya bisa melaksanakan sendiri sebagai manusia purnawan.

3. Prayitno, 2008

Pendidikan merupakan pelayanan pemuliaan kemanusiaan manusia melalui pengembangan pancadaya (kegiatan belajar dan proses pembelajaran) yang berorientasi hakikat manusia dalam bingkai dimensi kemanusiaan.

 

C. Pengertian Manajemen Pendidikan

Berdasarkan beberapa uraian tentang Manajemen dan Pendidikan sebelumnya, dapatkah kita mengambil pengertian apa itu Manajemen Pendidikan?

Menurut para ahli:

1. Tony Bush, 2003

Educational management is a field of study and practice concerned with the operation of educational organizations.

2. H.A.R Tilaar, 2006

Manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan yang mengimplikasikan adanya perancanaan atau rencana pendidikan serta kegiatan implementasinya.

3. Veithzal Rivai dan Silviana Murni, 2008

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium, dsb untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.

4. Hasbullah, 2006

Manajemen pendidikan adalah merupakan suatu proses yang merupakan daur (siklus) penyelenggaraan pendidikan dimulai dari perencanaan, diikuti oleh pengorganisasian, pengarahan, pelaksanaan,pemantauan,dan penilain tentang usaha sekolah untuk mencapai tujuan nya. Oleh karena itu, manajemen pendidikan juga merupakan usaha untuk melakukan pengelalaan sistim pendidikan.

 

D. Komponen dan Sub Komponen Manajemen Pendidikan

Berikut pembagian komponen Manajemen Pendidikan menurut Mudyahardjo dan Rivai:

Berdasarkan komponennya, Mudyahardjo merumuskan kembali sub komponen Manajemen Pendidikan sebagai berikut:

(1) perencanaan; (2) sistem pendidikan menurut tahap-tahap perkembangan (jenjang pendidikan) dan aspek-aspek pengembangan (jenis pendidikan); (3) organisasi; (4) administrasi; (5) keuangan; (6) pemasokan tenaga pendidikan; (7) sistem evaluasi; dan (8) penelitian.

About forumsejawat

http://id-id.facebook.com/baitur.r.isman

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: