//
you're reading...
Manajemen Pendidikan

MANAJEMEN KINERJA GURU (bagian 1)

Pengertian Kinerja Guru

Hoetama M A, (2005; 273) dalam  Kamus Lengkap Bahasa Indonesia yang diterbitkan Mitra Pelajar Surabaya mengatakan bahwa kinerja adalah sesuatu yang dicapai. Sementara Tim Prima Pena (2005; 371) mengatakan bahwa kinerja adalah sesuatu yang dicapai, kemampuan kerja (berupa peralatan) dan prestasi yang diperlihatkan.

Menurut Timpe (1993; 25) kinerja merupakan penilaian tingkat kerja yang dikerjakan dengan jelas dimana prestasi kerja tersebut berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam bekerja, baik terhadap cakupan kerja maupun kedalaman kerja.

Pengertian kinerja (performance) menurut beberapa pakar sama dengan penampilan. Wahjosumidjo (2002; 430) mengemukakan bahwa kinerja (performance) adalah “sumbangan secara kualitatif dan kuantitatif yang terukur dalam rangka membantu tercapainya  tujuan kelompok dalam suatu unit kerja”. Jadi kinerja atau penampilan adalah prestasi atau hasil kerja.

Pada bagian lain Wahjosumidjo (2002; 431) mengemukakan bahwa penampilan atau kinerja (performance) adalah “prestasi atau hasil kerja yang disumbangkan oleh seseorang atau kelompok dalam menunjang tercapainya tujuan suatu organisasi atau prestasi, kontribusi, sumbangan atau hasil kerja baik secara kuantitatif maupun kualitatif”.

Mitrani (1995; 131) mengemukakan bahwa kinerja adalah “pernyataan sejauh mana seseorang telah memainkan bagiannya dalam melaksanakan strategi organisasi, baik dalam mencapai sasaran-sasaran khusus yang berhubungan dengan peranan perseorangan, dan atau dengan memperlihatkan kompetensi-kompetensi yang dinyatakan relevan bagi organisasi apakah dalam suatu peranan tertentu, atau secara umum”.

Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan, kinerja adalah hasil kerja seseorang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Kinerja guru adalah hasil yang dicapai dari pekerjaan yang dilaksanakan guru sebagai pendidik, pengajar, dan pengelola proses belajar mengajar, dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Jadi kinerja guru yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah hasil kerja yang diperlihatkan guru dalam memanfaatkan sumber belajar, berupa pesan (messages), manusia (people), peralatan (devices), bahan (materials), teknik/ metode (technique), dan lingkungan (setting).

 

Pentingnya Kinerja

Kinerja sangat penting dalam membantu ketercapaian setiap tujuan profesional yang telah direncanakan, karena kinerja merupakan hasil kerja yang diperoleh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Seperti yang dikemukakan di atas bahwa kinerja merupakan gambaran secara umum tentang kemampuan seseorang, prestasi dan hasil kerja seseorang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Karena itu kinerja seseorang guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah penting diketahui. Sejauh mana guru tersebut bekerja dan menggunakan seluruh kemampuan dan prestasi kerjanya dalam mencapai tujuan pembelajaran di sekolah.

Bila dikaitkan dengan tugas guru sebagai pelaksana proses pembelajaran di sekolah maka sebagai guru sangat membutuhkan adanya kinerja yang tinggi dalam memanfaatkan sumber belajar.

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru

Siagian (1989; 128) mengatakan bahwa “ada empat faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru, yaitu (1) pekerjaan yang penuh tantangan, (2) penerapan sistem penghargaan yang adil, (3) kondisi yang sifatnya mendukung, (4) sikap rekan kerja”.

Kinerja seseorang guru dalam melaksanakan tugasnya pada dasarnya dapat meningkat dan menurun. Hal ini terjadi tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sebagaimana dikemukakan Wahjosimudjo (2002; 126), yaitu “seseorang mempunyai kinerja akan tergambar dari penampilannya, disiplin, jujur, penuh tanggungjawab, bersahabat, termasuk pula penampilan fisik seperti cara berbicara, berkomunikasi, berpakaian yang bersih, serasi, sehat jasmani dan energik”.

Berdasarkan uraian diatas, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah tanggung jawab, disiplin dan prestasi kerja. Berikut ini diuraikan faktor utama yang mempengaruhi kinerja guru tersebut (Nitisesmito 1982: 136,199; Nainggolan 1986: 123; dan Syarif 1987: 74).

a.   Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah pegawai yang bertanggungjawab di dalam suatu organisasi, maka pegawai tersebut akan membuat suatu perencanaan pekerjaan yang baik dan akan melaksanakan pekerjaan tersebut sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

b.   Disiplin Kerja

Disiplin merupakan suatu sikap tingkah laku dan perbuatan yang sesuai dengan peraturan dari organisasi baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja adalah suatu kepatuhan, ketaatan dan kesadaran terhadap aturan-aturan dan melaksanakan tanggungjawab.

c.   Prestasi Kerja.

Prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh seorang PNS dalam menjalankan tugas yang diberikan kepadanya. Pada umumnya prestasi kerja seorang PNS dipengaruhi oleh kecakapan, keterampilan, pengalaman dan kesungguhannya dalam bekerja.

Untuk mengukur prestasi kerja, kriteria yang dapat digunakan adalah kualitas dan kuantitas hasil kerja, kemampuan  atau pengetahuan tentang tugas, waktu yang dipakai dan ketrampilan kerja.

Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa kinerja seorang guru akan terlihat dari prestasi kerja yang dicapainya. Prestasi kerja akan terwujud dengan baik dan memuaskan apabila seorang guru mempunyai kecakapan, keahlian, ketrampilan tentang kerja yang dilakukan, mempunyai sebagian pengalaman dan melakukan kerja dengan sungguh-sungguh.

About forumsejawat

http://id-id.facebook.com/baitur.r.isman

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: