//
you're reading...
Kepemimpinan Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan, Pengorganisasian Pendidikan

Pengorganisasian Pendidikan sebagai suatu Sistem

Rivai dan Murni (2008) mengemukakan bahwa pengorganisasian pendidikan ditujukan untuk menghimpun semua potensi komponen pendidikan dalam suatu organisasi yang sinergis untuk dapat menyelenggarakan pendidikan dengan sebaik-baiknya.

Suatu system memiliki tiga komponen atau elemen utama yaitu (1) input, (2) proses, dan (3) output. Ketiga elemen di dalam system saling berkaitan satu sama lain. Bila konsep system tersebut kita terapkan secara lebih operasional, dapat disajikan gambar suatu proses organisasi sekolah dalam bidang pendidikan, maka diagramnya adalah sebagai berikut:

Organisasi sekolah yang baik menghendaki agar tugas-tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan penyelenggaraan sekolah untuk mencapai tujuannya dibagi secara merata dengan baik sesuai dengan kemampuan, fungsi, dan wewenang yang telah ditentukan.

Melalui iklim demokratis, diharapkan seluruh komponen organisasi sekolah dapat berperan aktif. Sehingga terlahir berbagai kreativitas, gagasan-gagasan yang penuh improvisasi dan inovatif, sehingga sekolah berkembang lebih maju. Sehingga dapat dihindari tindakan pimpinan yang semena-mena dan bawahan yang kemana-mana.

Pengorganisasian kelas

Dimaksudkan agar pelaksanaan KBM berjalan secara optimal, yang dilakukan diantaranya:

  • Pengaturan tata ruang
  • Pembentukan organisasi kelas
  • Pengaturan tempat duduk
  • Pembentukan kelompok kerja

Prinsip-prinsip Organisasi

Terdapat berbagai pandangan mengenai prinsip-prinsip organisasi, secara umum keseluruhan prinsip tersebut adalah:

  • Tujuan
  • Pembagian kerja
  • Wewenang dan tanggung jawab
  • Kepentingan individu di bawah kepentingan organisasi
  • Kesamaan visi
  • Kepemimpinan
  • Jalur dan Staf
  • Strukturisasi
  • Penyusunan jenjang
  • Rentangan kontrol
  • Standarisasi
  • Kesatuan jiwa korp
  • Tanggung jawab
  • Komunikasi
  • Koordinasi
  • Kerjasama
  • Disiplin
  • Inisiatif
  • Keadilan
  • Pendelegasian
  • Pembayaran gaji
  • Analisa
  • Kontrol
  • Spesialisasi
  • Fleksibelitas
  • Hubungan langsung
  • Evaluasi

Referensi :

Yusufhadi Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Engkoswara dan Komariah, Aan. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rivai, Veithzal dan Murni, Silviana. 2008. Education Management.

About forumsejawat

http://id-id.facebook.com/baitur.r.isman

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: