Struktur organisasi mempunyai dua makna: pertama, model struktur dimana kita dapat mempergunakan prinsip-prinsip teori organisasi; kedua, dimensi-dimensi dasar struktur yang akan menentukan kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungan yang harus dilakukan dan tingkatan spesialisasi yang dapat diberikan.
Variabel-variabel kunci yang menentukan desain struktur organisasi: (1) strategi organisasi, (2) lingkungan yang melingkupinya, (3) teknologi yang digunakan, dan (4) orang-orang yang terlibat dalam organisasi.
Berbagai fungsi yang melekat dalam struktur organisasi :
- Wewenang, hak melalukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan sesuatu.
- Kekuasaan, kemammpuan untuk melakukan wewenang
- Tanggung jawab, kewajiban untuk melakukan sesuatu
- Akuntabilitas, faktor luar individu dan perasaan pribadinya
- Komunikasi dalam organisasi
- Hubungan lini dan staf
- Rentangan kontrol, jumlah terbanyak bawahan langsung yang dapat dipimpin
- Sentralisasi dan desentralisasi
- Hirarki
- Kesatuan perintah
Referensi:
Engkoswara dan Komariah, Aan. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Diskusi
Belum ada komentar.